Manfaat buah bintaro

Mungkin banyak yang belum kenal buah yang satu ini, karena belum terlalu familiar di masyarakat indonesia,.
Tanaman ini banyak sering kita jumpai sebagai pohon peneduh yang biasa di tanam di pekarangan rumah sakit, pekarangan perkantoran atau bahkan di pinggir jalan.
Sebenarnya jika kita lihat dari bentuk bantang daun dan buahnya, tumbuhan ini nampak seperti biasa saja,seperti tumbuhan kebanyakan.
Habitat asli dari tanaman yang ini adalah di daeah pantai dan hutan mangrove (bakau). Kemudian Rata-rata tinggi batang tanaman bintaro ini adalah antara 4 meter sampai 6 meter, tetapi ada juga yang bisa mencapai 12 meter lebih.
Namun tahukah anda, bahwa sebenarnya tumbuhan ini banyak manfaatnya….
Manfaat yang paling bisa dirasakan adalah sebagai pengusir hama tikus,, memang nampak tak masuk akal, namun setelah saya coba,  saya baru percaya.
Caranya sangat gampang, cukup ambil buah bintaro yang sudah tua namun belum masak, kemudian letakkan di mana tempat tikus yang sering membuat kita risih,, dijamin tikus pasti pada kabur,
Atau jika dipekarangan atau sekitar rumah banyak tikus tikus yang sering menggangu, coba tanam buah ajaib yang satu ini, rumah anda dan sekitarnya pasti sepi dari tikus,
tanaman ini juga ramah lingkungan karena tikus bukanya mati, tapi hama itu tidak betah dengan buah tanaman ini,.kemudian kabur.
Bukan hanya itu, ada pula manfaat lain dari tanaman ini, Sebuah tim riset yang  berasal dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (Faperta IPB) telah meneliti tanaman ini dan kemudian menyimpulkan bahwa buah bintaro terdiri atas :
8% biji dan 92% daging buah. Bijinya sendiri terbagi dalam cangkang 14% dan daging biji 86%. Terdapat kandungan minyak antara 35-50% dalam bijinya dan kemudian akan bertambah banyak saat kondisi buah bintaro ini kering.
Dan juga disimpulkan bahwa Kadar minyaknya ternyata melebihi biji jarak. Jenis minyak yang dihasilkan diantaranya asam linoleat (16,7%), asam oleat (54,3%), asam stearat (6,9%), dan asam palmitat (22,1%), namun kemudian banyak ilmuan yang terus meneliti manfaat buah tanaman ini.
Namun Disamping  banyak manfaatnya, buah bintaro ini ternyata banyak juga mengandung dampak negatif,
Hal ini diperkuat dengan pernyataan staf pengajar Fakultas Biologi Universitas Padjajaran, Prof Aseng Ramlan mengatakan bahwa pohon dan buah bintaro mengandung racun yang sangat berbahaya yang berbentuk getah putih..
Dan Kemudian Jika getah yang terkandung didalamnya mengenai luka pada  tubuh manusia dapat menyebabkan kelumpuhan total,
Racun yang terdapat pada daun, batang, dan
biji bintaro disebut “cerberin” yaitu suatu
glikosida yang bisa menggangu saluran ion
kalsium dalam otot jantung manusia,sehingga bisa membuat detak jantung berhenti, dan menyebabkan kematian..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat buah bintaro"

Posting Komentar

Terimaksih Sudah Mampir Sahabat, Jika Tidak Keberatan Silahkan Tinggalkan Komentar, Kritik Serta Saran.